AnalisaKata
Beranda Info Menarik Macam-macam Satelit dan Fungsinya Untuk Manusia: Harus Tahu!

Macam-macam Satelit dan Fungsinya Untuk Manusia: Harus Tahu!

Ada berbagai benda langit yang tersebar di luar angkasa, salah satunya adalah satelit. Satelit tersebut juga terdiri dari macam macam jenis dan fungsinya yang beroperasi untuk manusia, salah satunya untuk menyediakan layanan internet VSAT HTS.

Macam-macam Satelit

Satelit merupakan benda langit tanpa sumber cahaya yang beroperasi dengan cara mengelilingi planet tertentu dalam kurun revolusi dan rotasi yang ditentukan. Berikut adalah penjelasan dari macam-macam satelit  yang ada di luar angkasa:

Satelit Alami

Satelit alami merupakan benda luar angkasa yang bukan buatan tangan manusia dan mengorbit pada planet tertentu. Biasanya satelit akan memiliki bentuk lebih besar daripada planet yang ia jadikan orbit. Sebagai contoh, planet bumi memiliki bulan sebagai satelit dan planet saturnus memiliki satelit titan yang melindunginya.

Bulan memiliki tiga gerakan, yaitu rotasi, revolusi, dan berotasi serta berevolusi mengelilingi bumi. Satelit alami ini memiliki berbagai fungsi.

Mulai dari melindungi planet yang dirotasi dari hantaman benda langit lain, mengontrol kecepatan rotasi pada planet, mengurangi efek radiasi sinar ultraviolet, dan menjadi penerang malam hari.

Satelit Buatan

Macam macam satelit yang kedua adalah satelit buatan atau dibuat oleh manusia. Satelit ini dibuat untuk melakukan berbagai fungsi yang berbeda-beda dengan tujuan untuk mewujudkan kepentingan manusia. Berikut adalah contoh satelit buatan dan fungsinya:

  • Navigasi: Berfungsi untuk bidang penerbangan dan pelayaran. Ia akan memberikan informasi tentang posisi pesawat yang sedang terbang atau kapal yang sedang berada dalam perjalanan di laut lepas.
  • Geodesi: Gunanya untuk membuat pemetaan bumi dan memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan gravitasi.
  • Komunikasi: Bermanfaat untuk berbagai kebutuhan di bidang komunikasi. Sebagai contoh, telepon, radio, televisi, dan sebagainya.
  • Meteorologi: Fungsinya untuk menyelidiki atmosfer bumi agar dapat mengetahui peramalan cuaca.
  • Penelitian: Berguna untuk melakukan penyidikan di tata surya dan alam semesta lebih luas dan bebas tanpa pengaruh luar dari atmosfer. Satelit satu ini biasanya akan mencoba untuk mencari berbagai macam data yang berkaitan dengan matahari dan bintang untuk mengetahui rahasia yang ada di alam semesta.
  • Militer: Manfaatnya untuk bidang militer negara, seperti mengintai musuh atau mencari tahu kelemahan atau kekuatan senjata musuh.
  • Sumber Daya Alam: Berguna dalam aktivitas pemetaan bumi serta untuk mengetahui sumber daya alam dalam bidang perikanan, pertambangan, dan pertanian.

Sudahkah Anda Paham Macam-macam Satelit dan Fungsinya?

Setiap benda langit yang ada di alam semesta memiliki fungsi masing-masing. Begitu pula dengan macam macam satelit, baik yang alami maupun buatan manusia.

Kedua jenis satelit tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu, jangan sampai merusak tatanan yang ada. Yuk, jaga bumi dan satelit agar tetap aman sentosa!

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan