AnalisaKata
Beranda Bisnis Beberapa Jenis Operasi Pengiriman Barang yang Ada di Bisnis Kargo

Beberapa Jenis Operasi Pengiriman Barang yang Ada di Bisnis Kargo

Banyak pihak yang melakukan kerja sama dengan bisnis kargo mengingat saat ini transaksi bisa dilakukan secara online. Seiring dengan meningkatnya bisnis tersebut, bisnis kargo juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Oleh sebab itu bisnis kargo menyimpan potensi yang cukup besar di Indonesia juga di dunia.

Pelayanan kargo digunakan oleh banyak pihak dan pelaku usaha, karena mereka dapat melayani pengiriman di berbeda kota, provinsi, Pulau bahkan beda negara.

Oleh sebab itu mengetahui beberapa jenis layanan pengiriman kargo juga akan membantu kamu dalam memilih layanan apa yang tepat dan cocok untuk kebutuhan kamu. Berikut beberapa Jenis Operasi Pengiriman Barang Tergantung pada jenis transportasi, waktu pengiriman dan kapasitas barang yang akan diangkut.

Express

Seperti namanya, jenis layanan ini adalah pengiriman ekspres. Biasanya hanya membutuhkan waktu satu sampai dua hari, tergantung  barang yang dikirim ke  jasa kurir.

Barang yang diangkut dengan jasa ekspres ini umumnya  tidak terlalu besar, baik dari segi berat maupun dimensinya. Memang, untuk sampai pada waktu yang dijanjikan, digunakan alat transportasi yang  lebih kecil seperti sepeda motor.

Ekspedisi Laut

Untuk pelayaran antar pulau, jenis pelayaran ini merupakan pilihan yang paling murah dan dapat menangani muatan yang besar dan berat. Moda transportasi yang digunakan adalah peti kemas yang diangkut dengan  kapal ferry.

Kontainer Bekas terbagi menjadi dua yaitu Less Container Load (LCL) dan Full Load Container (FCL). Di LCL, peti kemas tidak hanya memuat barang dari satu jasa pengiriman saja, sedangkan di FCL, isi peti kemas digunakan secara keseluruhan oleh jasa pengiriman.

Angkutan Udara

Untuk pengiriman antar pulau atau antar kota yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan metode pengiriman udara ini. Soal tarif, jelas harganya lebih mahal daripada lewat laut, dan pengiriman barang juga memiliki batasan volume dan berat.

Full Load (FTL)

Untuk transportasi darat, jenis transportasi ini menyediakan truk yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Truk yang ditawarkan juga tersedia dalam beberapa variasi tergantung jumlah kargo yang akan diangkut. Sebuah truk yang disewa sebagai satu unit lengkap untuk mengangkut barang-barang pengguna.

Kurang Dari Beban Truk (LTL)

Selain FTL, ada jasa angkutan truk lainnya yang  menggunakan truk. Hanya saja untuk LTL ini truk akan menahan barang  beberapa pengguna hingga muatannya penuh. Orang ini hadir untuk mendapatkan harga yang efektif sehingga biaya pengiriman bisa lebih murah.

5 jenis layanan tersebut merupakan layanan yang paling umum yang biasanya ada di bisnis kargo. Mereka menyediakan layanan tersebut berdasarkan kebutuhan pasar.

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan pengiriman dengan jumlah dan volume yang besar terlebih pengiriman ke lokasi yang sangat jauh. Para pekerja perlu terjun ke lapangan menggunakan full body harness untuk memeriksa kondisi kargo yang akan dikirim. Ini sebabnya terkadang ada beberapa layanan yang lebih mahal.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan