AnalisaKata
Beranda Info Menarik Mengenal Definisi dan Cara Kerja Asuransi Jiwa Unit Link

Mengenal Definisi dan Cara Kerja Asuransi Jiwa Unit Link

Dalam kehidupan sehari – hari, Anda tentu pernah atau bahkan sering memperoleh penawaran asuransi dari pihak agen asuransi, bukan? Umumnya, salah satu jenis asuransi jiwa yang sering kali ditawarkan perusahaan asuransi kepada calon nasabah yakni produk asuransi jiwa unit link. Produk asuransi yang dikenal sebagai asuransi dengan memberikan manfaat proteksi dan manfaat investasi ini ternyata cukup banyak diminati kalangan masyarakat. Penasaran seperti apa produk asuransi ini dan bagaimana cara kerjanya, alangkah baiknya Anda simak ulasan menariknya di bawah ini.

Sekilas definisi tentang asuransi jiwa unit link

Seperti yang sudah disinggung di pembahasan sebelumnya, asuransi unit link berdasarkan situs media Kompas merupakan kombinasi yang memberikan manfaat asuransi perlindungan dan manfaat asuransi investasi. Sehingga dalam hal ini bisa diartikan bahwa asuransi jiwa unit link ini hadir dengan memberikan manfaat perlindungan dan juga return investasi.

Kehadiran jenis asuransi ini umumnya memberikan manfaat perlindungan dari sejumlah risiko seperti kematian, sakit maupun cacat tetap total kepada para pemegang polis asuransi atau nasabah. Sementara untuk produk investasi yang ditawarkan yakni memberikan return yang mana dapat membantu pihak nasabah asuransi dalam mencapai tujuan keuangan, seperti halnya dana pendidikan, dana pensiun dan lain – lain.

Dalam hal ini, uang asuransi nantinya akan diinvestasikan oleh pihak perusahaan asuransi di sejumlah instrumen, baik itu di saham, obligasi, pasar uang dan lain sebagainya. Dengan demikian, sangat penting bagi nasabah memahami produk asuransi ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

Bagaimana cara kerja asuransi jiwa unit link?

Cara kerja dasar dari asuransi jiwa unit link berdasarkan situs Big Alpha bisa terbilang cukup sederhana dan mirip dengan asuransi jiwa pada umumnya. Pihak nasabah wajib untuk membayar uang premi setiap bulannya dengan nominal sesuai kesepakatan. Polis ini akan selalu aktif selama masih berada dalam periode pertanggungan dan pembayaran premi dilakukan secara rutin.

Perbedaannya dengan asuransi jiwa umum yaitu, pada asuransi unit link, uang premi ini nantinya akan dimasukkan ke dalam sejumlah instrumen investasi yang dipilih oleh nasabah itu sendiri. Jika premi sudah dimasukkan ke dalam instrumen investasi, maka  hasil dari investasi ini dapat dipakai untuk membayar sejumlah kebutuhan nasabah. Bahkan bisa jadi Anda tidak perlu lagi membayar premi bulanan karena sudah tertutup dari return investasi.

Namun, sama halnya dengan investasi pada umumnya, investasi pada asuransi ini juga masih bisa mengalami kegagalan maupun return yang belum sesuai harapan pada awal asuransi. Meskipun begitu jangan khawatir, karena perusahaan asuransi akan mengerahkan tim yang sudah profesional untuk memastikan investasi Anda berjalan lancar meski mungkin membutuhkan waktu. Itulah mengapa, pada awal periode mungkin Anda belum bisa menikmati hasilnya dan inilah yang sering kali membuat orang merasa asuransi ini tidak memberi keuntungan. Padahal, apapun jenis investasinya pastilah membutuhkan waktu untuk bisa mendapat return, jadi kuncinya Anda harus sabar dan terus pantau informasi dari perusahaan asuransi Anda.

Itulah pembahasan menarik bagi Anda terkait definisi dan cara kerja dari produk asuransi jiwa unit link yang ditawarkan perusahaan asuransi. Untuk produk asuransi ini bisa Anda beli di berbagai agen asuransi seperti halnya FWD Insurance yang menawarkan produk – produk seperti SprintLink (Plus), Bebas Ikhtiar, dan FWD Fortuna Invest Link.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan