AnalisaKata
Beranda Info Menarik Menarik! Inilah Kelebihan Berkarya Melalui Media Digital

Menarik! Inilah Kelebihan Berkarya Melalui Media Digital

Karya seni lukis hadir setelah melalui proses yang panjang, mulai dari mencari inspirasi, menentukan konsep, menuangkan inspirasi, memilih warna hingga mengatur komposisi yang tepat. Perkembangan teknologi yang semakin maju, berpengaruh pada munculnya berbagai alat yang dapat membantu para seniman menyederhanakan beberapa proses tersebut.

Misalnya seperti Auratic Painting yang memadukan teknologi digital, seni dan psikologi dalam pembuatannya. Namun, seringkali muncul pertanyaan apakah menghasilkan karya seni lukis dengan media digital akan lebih mudah atau lebih banyak tantangannya.

Apabila kamu juga bertanya-tanya, yuk simak artikel yang akan membahas kelebihan membuat karya seni melalui media digital berikut ini!

Efektivitas dan Efisiensi

Dengan menggunakan media digital, para seniman bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Karena tidak perlu membawa berbagai macam alat, mulai dari kanvas, kuat, cat air, cat minyak, palet dan lain-lain yang sangat merepotkan.

Cukup dengan membawa device yang memuat berbagai software yang mendukung, maka mereka bisa tetap produktif dalam menghasilkan karya seni. Selain itu, seniman juga lebih leluasa menuangkan inspirasi yang muncul secara mendadak kapan pun dan di mana pun.

Eksplorasi Tanpa Batas

Selain lebih leluasa menuangkan ide di mana pun dan kapan pun, membuat karya menggunakan media digital juga memungkinkan para seniman untuk mengeksplorasi karya yang lebih luas tanpa ada batasan.

Semua yang dulu hanya ada dalam imajinasi, bisa terwujud dan tertuang dalam sebuah karya seni lukis dengan dukungan teknologi yang mumpuni. Berkarya di media digital juga tidak perlu khawatir akan limitasi ruang, sebab media digital tidak mempunyai batasan ruang.

Mudah Diakses dan Dibagikan

Karya digital otomatis langsung tersimpan di media digital, akan tetapi mungkin ada sedikit kekhawatiran adanya pencurian copyright atau plagiarisme dari karya tersebut. Itu bisa diantisipasi dengan mendaftarkan token digital khusus yang menjadi bukti autentik atas kepemilikan karya.

Karya seni yang tersimpan di media digital juga lebih mudah diakses dan dibagikan oleh para seniman. Seperti misalnya melakukan pameran karya seni secara digital.

Kelebihan-kelebihan tersebut membuat Eko Budhi Purwanto, mulai mengembangkan auratic painting sehingga membuatnya menjadi pionir dan penggerak karya seni tersebut. Teknik pembuatannya menggunakan digital ink block art, yaitu membuat karya seni lukis dengan cara menyusun berbagai blok tinta digital tanpa perlu software khusus.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan