AnalisaKata
Beranda Review Menarik! Berikut Implementasi Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality

Menarik! Berikut Implementasi Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality

Di Indonesia, perkembangan teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) sudah cukup besar. Hal ini bisa kita lihat dari implementasi teknologi tersebut di berbagai bidang, mulai dari bisnis, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Ini juga mempengaruhi munculnya berbagai perusahaan VR & AR yang menawarkan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda.

Virtual Reality merupakan modifikasi secara menyeluruh terhadap apa yang pengguna lihat dan alami. Saat menggunakan VR, kita secara praktis akan masuk ke dunia lain yang sama sekali berbeda dengan apa yang kita lihat dan alami pada dunia nyata.

Berbeda dengan Augmented Reality yang bisa kita pahami sebagai pelapisan informasi digital pada elemen dunia nyata. Sederhananya, ketika kita menggunakan fitur ini dalam suatu perangkat, maka kita bisa menikmati tambahan informasi, tampilan dan variabel yang didasarkan pada kondisi lingkungan yang sebenarnya. Kata kunci perbedaan dari keduanya ialah dunia dengan tampilan baru seluruhnya dan modifikasi tampilan dunia nyata.

Implementasi Teknologi VR dan AR

Meski belum sepenuhnya digunakan secara umum dan bisa diakses oleh semua orang, praktek penggunaan dua teknologi ini sudah dengan kehidupan masyarakat. Mulai dari bidang edukasi, hiburan hingga keperluan industri. Implementasi VR misalnya, belakangan ini Museum Bank Indonesia telah menerapkan teknologi satu ini pada pengelolaan museumnya.

Jadi, pengunjung akan diberikan perangkat VR untuk menikmati pertunjukan video-mapping Museum Bank Indonesia secara interaktif. Pengalaman baru tersebut tentu sangat diminati para pengunjung dan meningkatkan kunjungan ke museum secara signifikan.

Untuk implementasi AR, mungkin kita bisa lihat pada game PokemonGo yang beberapa waktu lalu sempat viral di Indonesia maupun dunia. Dalam game ini, kita diajak untuk menjelajah lingkungan sekitar yang tampilannya telah mengalami modifikasi dengan berbagai penambahan objek. Lingkungan dalam game tersebut merupakan lingkungan yang kita alami secara riil, namun terdapat penambahan tampilan dan modifikasi objek.

Di bidang lainnya, kita bisa menemukan implementasi teknologi VR dan AR pada proses simulasi dan pelatihan kerja. Beberapa lembaga dan perusahaan sudah menerapkan kedua teknologi ini memanfaatkannya untuk melakukan pelatihan serta seleksi kerja. Proses pelatihan dan perekrutan jadi bisa pihak perusahaan lakukan secara lebih efektif, cepat serta memberikan hasil yang lebih maksimal.

Dalam bidang kedokteran, penggunaan VR umum kita temukan pada praktek pelatihan operasi. Dengan bantuan VR, akan memberikan nuansa baru dan simulasi yang sangat nyata. Calon dokter bisa melakukan tindakan seperti operasi atau pembedahan dengan aman, sebab tidak melibatkan manusia secara langsung.

Smarteye.id hadir sebagai penyedia beragam produk dan layanan Virtual Reality dan Augmented Reality untuk berbagai kebutuhan. Di antaranya VR Tour, VR Training, VR Expo, dan AR Interactive. Sudah dipercaya oleh lebih dari 50 perusahaan terbesar di Indonesia dan mancanegara, membuktikan bahwa kualitas VR dan AR yang smarteye.id tawarkan benar-benar berkualitas untuk diimplementasikan ke berbagai bidang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kunjungi http://smarteye.id. Semoga bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan