AnalisaKata
Beranda Info Menarik Cari Tahu Definisi dan Cara Kerja Oli Samping Pada Jenis Motor Motor 2-Tak

Cari Tahu Definisi dan Cara Kerja Oli Samping Pada Jenis Motor Motor 2-Tak

Tahukah Anda, bahwa di Indonesia sendiri ada dua jenis mesin pada kendaraan bermotor yakni motor 2-tak dan motor 4-tak. Di pembahasan kali ini akan dibahas mengenai motor dengan mesin 2-tak yang mana mengkombinasikan kubikasi yang kecil dan tidak terlalu besar sehingga mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang sangat besar.

Berbeda dengan kendaraan sepeda motor pada umumnya, untuk motor 2-tak ini biasanya menggunakan pilihan oli samping terbaik yang dijual di pasaran. Apakah Anda tahu mengenai apa itu oli samping dan bagaimana cara kerjanya? Jika belum tahu, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sekilas definisi tentang oli samping

Seperti yang kita tahu, bahwa oli merupakan cairan pelumas yang berguna melumasi bagian dalam mesin sehingga setiap komponen dalam mesin tidak mudah panas dan aus ketika bergesekan satu sama lain. Akan tetapi untuk jenis sepeda motor pabrikan lama seperti sepeda motor mesin 2-tak biasanya memiliki oli khusus yang dinamakan oli samping. Tanpa oli ini, maka mesin motor nantinya tidak bisa bekerja secara sempurna.

Meskipun stok dari oli samping ini mengalami trend yang menurun dari tahun ke tahun karena banyaknya orang yang lebih memilih sepeda motor matic dibandingkan motor manual, akan tetapi dari segi kualitas oli samping sendiri tetap terjaga kualitasnya. Bahkan banyak sekali orang yang menyukai jenis motor 2-tak hingga menjadikan oli samping ini masih menjadi primadona bagi mesin motor jenis 2-tak ini.

Terlepas dari hal tersebut, oli samping ini memiliki beberapa fungsi penting selain sebagai pelumas komponen mesin kendaraan itu sendiri. Beberapa fungsi dari oli samping ini antara lain sebagai berikut :

  • Meningkatkan performa mesin kendaraan motor mesin 2-tak
  • Sebagai pelindung komponen mesin dari masalah aus dan karat
  • Sebagai pengharum asap knalpot agar asap yang dikeluarkan tidak terlalu menimbulkan bau pembakaran yang menyengat.

Sistem kerja oli samping sepeda motor 2-tak

Cara kerja dari oli samping ini sendiri yakni nantinya akan masuk bersama dengan bahan bakar ke dalam ruang engkol dan silinder. Jika komponen mesin sudah terlumasi dengan oli ini, maka nantinya akan bercampur di dalam ruang bakar untuk ikut dibakar dan kemudian dibuang melalui lubang – lubang. Pada umumnya, oli samping ini diklaim sebagai nyawa bagi motor mesin 2-tak lantaran bisa mencegah terjadinya pembakaran yang kurang maksimal dan mencegah kendaraan mengalami macet saat melaju.

Dengan adanya oli samping inilah yang nantinya bisa menjadikan sepeda motor dapat beroperasi dengan sempurna dan tidak menimbulkan dampak bahaya bagi komponen mesin kendaraan itu sendiri.

Setelah mengetahui definisi dan cara kerja dari oli samping pada motor mesin 2-tak, Anda tentu penasaran mengenai pilihan oli samping terbaik yang sebaiknya digunakan, bukan? Disini, Anda bisa menggunakan oli samping dari Idemitsu yang sudah pasti memiliki kualitas oli terbaik untuk menunjang performa kendaraan.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan