AnalisaKata
Beranda Gaya Hidup Jangan Anggap Remeh! Ini 5 Bahaya Begadang yang Perlu Diwaspadai

Jangan Anggap Remeh! Ini 5 Bahaya Begadang yang Perlu Diwaspadai

Bahaya begadang sudah seharusnya Anda waspadai karena bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Selain mengurangi kebiasaan buruk satu ini, Anda juga perlu mempertimbangkan asuransi rawat jalan untuk meng-cover kesehatan Anda. Sehingga saat dibutuhkan untuk konsultasi dan perawatan tanpa menginap, asuransi rawat jalan ini dapat memberikan perlindungan finansial.

Apa Itu Begadang?

Begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Ada beberapa alasan seseorang masih tetap terjaga di malam hari meski tubuh sudah lelah. Salah satunya adalah menyelesaikan pekerjaan kantor atau sekolah.

5 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Jika memaksa tubuh agar tetap terjaga hingga pagi hari dan tidak memberikan waktu penuh untuk beristirahat, maka kesehatan Anda akan terganggu. Mungkin efek begadang tidak secara langsung Anda rasakan saat itu juga, tetapi Anda harus mengetahui lima bahaya begadang di bawah ini:

Risiko Terkena Obesitas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, kualitas tidur bisa mempengaruhi berat badan seseorang. Jika Anda kurang tidur atau sering terjaga setiap malam, Anda bisa mengalami kenaikan berat badan lebih banyak.

Hal ini menyebabkan risiko terkena obesitas lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki kualitas tidur cukup.

Mengapa kurang istirahat bisa menyebabkan kenaikan berat badan? Alasannya adalah metabolisme tubuh terganggu. Selain itu, tubuh menjadi lebih cepat lapar ketika Anda terjaga di malam hari. Kemungkinan terkena obesitas jadi semakin tinggi, jika Anda memiliki kebiasaan banyak makan ketika sedang begadang.

Terjadi Penuaan Dini

Selain metabolisme tubuh dan pola makan yang berantakan, tubuh juga akan menghasilkan hormon stres atau kortisol dalam jumlah banyak. Hormon ini akan merusak struktur kolagen, yaitu protein pada kulit yang membuat kulit lebih kencang dan elastis.

Jangan kaget jika Anda akan mengalami penuaan dini karena kurang tidur! Oleh sebab itu, bila ingin tetap awet muda, sebaiknya kurangi kebiasaan begadang Anda.

Mudah Lupa

Bahaya begadang berikutnya adalah Anda akan mudah lupa atau pikun. Sebab jaringan dan sel-sel saraf di otak tidak melalui proses perbaikan atau regenerasi. Di mana proses ini hanya bisa terjadi ketika Anda tidur.

Jika Anda memaksa tubuh dan pikiran tetap terjaga, maka jaringan dan sel saraf di otak tidak akan mengalami regenerasi dengan baik.

Menurunnya Fungsi Otak

Selain mudah lupa, fungsi otak juga akan mengalami penurunan jika Anda tidak memperbaiki kualitas jam tidur. Fungsi otak yang akan terganggu, antara lain daya nalar yang berkurang, sulit berkonsentrasi, berkurangnya kemampuan memecahkan masalah, dan lainnya.

Menurunnya Sistem Imunitas

Bahaya yang terakhir adalah menurunnya sistem imunitas tubuh. Daya tahan tubuh Anda bisa melemah jika jam tidur Anda kurang dari 6 jam. Ketika imunitas menurun, maka tubuh bisa dengan mudah terserang penyakit.

Yuk, Hindari Bahaya Begadang Mulai Sekarang!

Seperti itulah 5 bahaya begadang yang wajib Anda ketahui dan hindari mulai sekarang. Agar tidak menghasilkan penyesalan di masa mendatang ketika berbagai penyakit menyerang tubuh Anda.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan