AnalisaKata
Beranda Bisnis Mengulas Tuntas Berbagai Kesalahan Pengelolaan Stok pada Bisnis Ritel

Mengulas Tuntas Berbagai Kesalahan Pengelolaan Stok pada Bisnis Ritel

Banyak pengusaha yang sudah menggunakan aplikasi kasir toko untuk membantunya mengelola kegiatan transaksi atau hal yang berkaitan dengan stok barang. Selain masalah keuangan, hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis adalah pengelolaan stok barang.

Hal tersebut menjadi penting karena pengelolaan stok barang yang kurang baik akan menciptakan pengalaman buruk bagi konsumen, bisa menahan modal, dan menurunkan angka penjualan.

Kesalahan dalam mengelola stok barang merupakan awal dari masalah finansial dari bisnis Anda. Sebagai upaya untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda perlu memahami apa saja kesalahan dalam mengelola stok yang fatal pada bisnis ritel. Simak sampai akhir, ya!

Tidak Menghitung Stok Secara Berkala

Salah satu cara untuk mengatasi masalah pengelolaan stok adalah dengan mengetahui jumlah pasti stok barang Anda. Apabila Anda jarang melakukan perhitungan stok di gerai, maka akan ada kemungkinan Anda bisa mengalami masalah bisnis yang cukup serius.

Bayangkan saja jika Anda melakukan perhitungan stok hanya setahun sekali, kemudian ada laporan yang berbeda dari keadaan lapangan dalam kurun waktu satu tahun tersebut. Maka akan sangat sulit Anda menemukan penyebab permasalahan tersebut.

Oleh karen itu, lebih baik menghitung stok secara terus menerus, bisa setiap hari atau setiap minggu untuk produk yang mudah habis. Sedangkan, untuk barang yang jarang terjual, Anda bisa menghitungnya setiap bulan.

Sebagai pemilik usaha, paling tidak Anda menghitung stok setiap 3 bulan sekali untuk semua gerai. Untuk mempermudah pekerjaan, Anda dapat memanfaatkan sistem pengelolaan stok yang terhubung dengan barcode.

Mempunyai Ruang Persediaan yang Tidak Teratur

Ruang persediaan yang berantakan memang tidak boleh terjadi di bisnis ritel. Jika Anda meletakkan produk di semua tempat maka dapat mengurangi efisiensi toko dan dapat memicu kesalahan dalam mengelola stok.

Maka dari itu, mulailah untuk meletakan barang jualan dengan lebih terorganisir dan strategis. Salah satu kunci agar Anda mudah mengatur dan memposisikan barang di ruang persediaan adalah membuat semua produk mudah terlihat dan pelanggan tidak kesulitan menemukannya.

Anda dapat meletakkan produk yang sering terjual di bagian depan rak sehingga lebih mudah orang mengaksesnya. Dalam beberapa kondisi, mungkin lebih baik lagi jika Anda mengelompokkan semua produk yang sama atau mengaturnya sesuai dengan jenis produk.

Cara meletakkan produk ini bisa Anda sesuaikan dengan ruang persediaan agar tidak memakan tempat dan lebih rapi.

Mengelola Stok Secara Manual

Memang tidak ada salahnya jika Anda masih mengelola stok menggunakan buku dan pena. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mengatur stok secara manual bisa menimbulkan perbedaan jumlah perhitungan stok, waktu menjadi kurang efisien, dan kesalahan karena adanya human error.

Lalu, apa yang perlu Anda lakukan sebagai usaha mencegah hal tersebut? Anda harus meninggalkan cara manual dan berpindah dengan menggunakan sistem digital, terutama ketika proses memasukkan data maupun laporan stok barang.

Bahkan, pada era serba digital ini, sistem pengeloaan stok bisa terintegrasi langsung saat terjadi penjualan yang membuat stok barang menjadi berkurang. Mari tinggalkan cara manual dengan memanfaatkan aplikasi MOKA POS.

Anda tidak akan lagi kesulitan dalam melakukan perhitungan stok karena MOKA POS akan membantu rekap produk secara real time. Bahkan, Anda bisa mengelola stok dengan akurat pada berbagai tempat dan gudang yang berbeda.

Yuk, mulai atur pemberitahuan dan dapatkan pengingat terkait persediaan barang bisnismu hanya dengan aplikasi MOKA POS. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.mokapos.com. Selamat berbisnis!

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan