AnalisaKata
Beranda Bisnis 6 Aplikasi UMKM yang Wajib Pengusaha Miliki

6 Aplikasi UMKM yang Wajib Pengusaha Miliki

UMKM di Indonesia semakin berkembang di berbagai daerah. Ini karena modal yang tidak terlalu besar serta usaha ini sering mendapatkan banyak bantuan dari pemerintah. Terlebih, saat ini telah banyak aplikasi UMKM yang akan membantu bisnis di era digital.

Penting sekali untuk memiliki aplikasi tersebut, karena kita bisa mengerjakan semuanya secara online hanya dengan smartphone saja. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang akan membantu mengembangkan UMKM. Simak baik-baik, ya!

Aplikasi Kasir

Bisa dibilang, aplikasi kasir merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pelaku UMKM. Selain membantu dalam proses transaksi, aplikasi ini juga memiliki menu pengelolaan keuangan, pelanggan, karyawan dan penyimpanan barang. Sehingga, kita tidak perlu lagi repot mengelola usaha secara manual.

Aplikasi Manajemen Keuangan

Kita membutuhkan aplikasi yang berbasis pelayanan manajemen keuangan untuk memahami segala kondisi perusahaan, sekaligus memantai aktivitas keuangan seperti penjualan, pembayaran hingga penghitungan terkait keuntungan yang diperoleh dari operasional kegiatan usaha.

Keunggulan aplikasi manajemen keuangan ini ialah kita juga bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran gaji karyawan. Jadi, tidak perlu repot menghitung atau mengurusnya satu per satu.

Marketplace atau E-Commerce

Agar produk semakin dikenal luas, kita bisa menggunakan marketplace atau e-commerce sebagai media untuk mengunggah berbagai produk yang usaha kita tawarkan. Melalui marketplace, melakukan pemasaran akan semakin mudah. Terlebih dengan menggunakan berbagai fitur yang tersedia, maka penjulan juga bisa meningkat.

Adapun marketplace yang bisa kita unduh secara gratis di antaranya Tokopedia, Lazada, Shoppe, BliBli dan masih banyak lagi. Gunakan marketplace atau e-commerce yang sesuai dengan jenis produk usaha yang dijual.

Aplikasi Pengelola Customer

Pelanggan atau customer merupakan salah satu ujung tombak yang dibutuhkan bisnis agar bisa terus berkembang. Penting sekali bagi kita selaku pemilik usaha untuk merespon secara cepat terkait keluhan konsumen dan mengetahui kebutuhan mereka.

Oleh sebab itu, kita perlu menggunakan aplikasi pengelola customer seawal mungkin ketika bisnis UMKM  sudah mulai berkembang.

QRIS

Pelanggan sangat menyukai transaksi pembayaran yang praktis dan mudah. Maka dari itu, gunakan aplikasi QRIS yang akan membantu pembayaran transaksi melalui QR Code sehingga menjadi lebih cepat dan terjaga keamanannya.

Dengan adanya aplikasi ini, pelanggan bisa melakukan berbagai transaksi kapan saja dan di mana saja, sekaligus menyatukan berbagai macam e-wallet mulai dari GoPay, OVO, DANA dan sebagainya.

Pengelola Media Sosial

Sebuah bisnis umumnya mempunyai lebih dari satu saluran media sosial sebagai media promosi. Untuk memantau semua media sosial yang dipunya, kita memerlukan aplikasi pengelola sosial media. Aplikasi ini pun bisa membantu dalam menciptakan pasar online serta melakukan penjadwalan terhadap konten promosi bisnis.

Diharapkan, dengan hadirnya aplikasi ini kita bisa menganalisis media sosial dengan tools yang tersedia. Keunggulan dari aplikasi pengelola media sosial ialah mendapatkan hasil analisis akun sosial media dan juga memiliki data yang bisa kita gunakan untuk keperluan pengembangan bisnis.

Nah, itulah beberapa aplikasi UMKM yang wajib kita miliki sebagai pengusaha UMKM. Bagi yang memiliki UMKM di bidang kuliner, bisa mengembangkan usaha dengan mendaftar GoBiz. Dengan super app dari GoBiz, kita bisa menerima pembayaran non-tunai, kelola pesan antar makanan hingga catat transaksi secara otomatis melalui satu aplikasi saja.

Proses pendaftarannya pun sangat mudah, unduh aplikasi GoBiz di Google Play Store, lalu isi data diri dan informasi rekening bank, tunggu verifikasi dan lakukan aktivasi. Beres deh! Cepat dan praktis sekali, bukan?

Yuk kembangkan usaha UMKM kita bersama super app GoBiz! Informasi selengkapnya bisa diakses melalui laman gobiz.co.id. Semoga bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan