AnalisaKata
Beranda Bisnis Mengulas Strategi Awal dalam Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Mengulas Strategi Awal dalam Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Sebagian besar orang kemungkinan besar pernah terpikirkan sebuah ide bisnis untuk mendapatkan banyak keuntungan. Akan tetapi, banyak pula yang takut untuk merealisasikannya.

Salah satu alasannya karena merasa takut tidak mampu mengelola bisnis dengan baik dan akan bisa berujung pada kegagalan. Padahal, dengan menerapkan strategi-strategi bisnis yang tepat, Anda masih memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis dan meraih kesuksesan.

Berikut ini merupakan beberapa strategi awal dalam memulai bisnis yang bisa Anda lakukan dengan modal yang kecil. Simak baik-baik, ya!

Menentukan Bisnis dan Lakukan Riset Pasar

Banyak jenis bisnis yang bisa Anda geluti, akan tetapi apapun pilihan bisnisnya Anda wajib untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Apalagi jika Anda hendak memulainya menggunakan modal yang kecil.

Hasil riset pasar yang telah dilakukan membuat Anda lebih memahami tentang peluang usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, Anda juga bisa menentukan siapa saja kompetitor bisnis serta mendapatkan referensi cara mengelola bisnis di tengah persaingan yang ketat.

Mengalokasikan Modal Bisnis secara Tepat

Strategi selanjutnya ialah mengalokasikan modal bisnis secara tepat. Perlu Anda tahu, bahwa jenis modal terbagi menjadi dua, yakni capital expenses dan operational expenses. Capital expesense merupakan modal yang digunakan untuk membeli peralatan atau perlengkapan bisnis.

Sementara operational expenses mencakup sewa tempat, biaya listrik dan air, gaji karyawan dan sebagainya. Jika Anda mampu mengalokasikan modal bisnis tersebut, maka Anda juga semakin mudah dalam mengoperasikan bisnis secara efisien.

Menentukan Lokasi Usaha

Menentukan lokasi usaha juga tidak kalah penting. Pemilihan lokasi yang strategis, akan membuat konsumen menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Dengan modal yang minim, disarankan untuk memulai usaha yang sewa tempatnya tidak terlalu mahal atau memanfaatkan sudut rumah yang kosong. Misalnya, memulai usaha katering di mana Anda bisa menggunakan rumah sendiri sebagai tempat pembuatan sekaligus penjualannya.

Mempromosikan Lewat Media Sosial

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini semua orang bisa mencari tahu apa saja melalui media sosial. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi produk.

Buatlah konten yang unik dan menarik agar konsumen bisa tertarik berkunjung ke akun media sosial bisnis Anda. Optimalkan pula fitur-fitur media sosial yang ada agar kegiatan promosi bisnis bisa lebih masif.

Demikianlah ulasan tentang strategi awal memulai bisnis dengan modal kecil. Bagi yang membutuhkan modal usaha dari sumber yang terpercaya, BAF AdiDana bisa menjadi solusi yang tepat.

Proses pengajuannya tidak ribet, persyaratannya juga sama sekali tidak menyulitkan. Cari tahu informasi selengkapnya di laman baf.id. Semoga bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan