AnalisaKata
Beranda Review Tembok Bikin Sinyal Internet Melemah, Seperti Apa Faktanya?

Tembok Bikin Sinyal Internet Melemah, Seperti Apa Faktanya?

Sudah pakai internet rumah terbaik, tetapi jaringannya lemot dan kecepatannya lambat? Bisa jadi sinyalnya terhalang tembok, sehingga tak dapat menjangkau perangkat dengan maksimal. Namun, apa hal tersebut benar? Apakah tembok atau faktor penghalang sejenis memang akan membuat sinyal internet terganggu?

Benarkah tembok melemahkan sinyal internet?

Disitat Science ABC, sinyal internet pada prinsipnya memakai gelombang radio elektromagnetik untuk membangun komunikasi wireless (nirkabel) di antara dua perangkat atau lebih. Umumnya, ada dua jenis data frekuensi gelombang radio yang ditransmisikan, yakni 5Ghz dan 2,4Ghz. Jumlah datanya pun akan bertambah seiring meningkatnya frekuensi.

Sama seperti gelombang elektromagnetik, sinyal internet, termasuk pada WiFi, bisa menembus sejumlah objek, tak terkecuali benda padat. Cara kerjanya adalah dengan proses pembiasan, refleksi, serta penyerapan.

Akan tetapi, sebuah studi yang dipublikasikan dalam us.hitrontech.com menjelaskan kemampuan sinyal internet bergantung pula pada kepadatan objek. Semakin tebal atau padat, semakin sulit juga sinyal internet menembusnya. Dengan kata lain, kemungkinan jaringan lemot atau kecepatan berkurang bisa disebabkan sinyal yang terhalang tembok atau benda padat lain seperti pintu, lemari, jendela, atau pepohonan.

Bagaimana cara menguatkan sinyal internet di rumah?

Anda tak perlu meruntuhkan tembok atau memindahkan perangkat untuk mendapatkan sinyal kencang. Tiga langkah berikut akan membantu menguatkan internet rumah terbaik yang diakses oleh Anda dan anggota keluarga.

  • Manfaatkan Wi-Fi repeater

Penguat sinyal WiFi atau WiFi repeater menjadi salah satu solusi yang diambil banyak orang untuk mengembalikan kualitas jaringan atau kecepatan. Perangkat ini mudah dijumpai di pasaran dengan kisaran harga yang beragam, dari Rp150.000 sampai Rp300.000. Menggunakannya pun mudah, yaitu dengan menekan tombol WPS untuk menyambungkan koneksi router utama ke penguat sinyal WiFi. Anda pun bisa mengendalikannya memakai aplikasi lewat aplikasi.

  • Atur jarak antara router dengan perangkat elektronik

Jangkauan sinyal internet mempunyai batasan tertentu dan dapat berebut dengan sinyal internet perangkat lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa atur jarak antara router WiFi dengan perangkat elektronik lain yang memancarkan sinyal seperti televisi dan kulkas. Ada baiknya Anda menyimpan router di meja terpisah atau digantung di dinding supaya daya tangkap serta pemancaran sinyalnya lebih baik.

  • Gunakan aplikasi dari smartphone

Anda dapat menguatkan sinyal internet dari WiFi memakai aplikasi yang terinstal di smartphone. Kalau Anda menggunakan smartphone berbasis Android, ada WiFi Manager yang bisa diandalkan. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mendeteksi sumber sinyal terbaik dan mengelola pemakaian internet lewat smartphone. Selain WiFi Manager, masih ada aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat diunduh untuk menguatkan sinyal.

Namun kalau memakai First Media, Anda dijamin akan mendapatkan internet rumah terbaik tanpa mengandalkan aplikasi buat menguatkan sinyalnya. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan