AnalisaKata
Beranda Info Menarik Pentingnya Mengetahui Riwayat Kesehatan Keluarga & Tindakan Pencegahan

Pentingnya Mengetahui Riwayat Kesehatan Keluarga & Tindakan Pencegahan

source: www.ai-care.id

Warisan turun temurun dari keluarga bukan hanya dalam bentuk materi, tetapi keluarga juga bisa mewariskan penyakit. Berbagai penyakit menurun melalui gen dari luluhur kamu. Misalnya riwayat keluarga kamu beberapa diantaranya menderita penyakit kanker payudara, resiko kamu terkena penyakit serupa juga tinggi. Maka dari itu lebih baik mengetahui riwayat kesehatan keluarga sehingga kamu bisa lakukan tindakan pencegahan seperti melakukan pengecekan ke dokter dan mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan yang bagus.

Riwayat kesehatan keluarga adalah informasi berupa catatan kesehatan dan penyakit yang pernah diderita oleh keluarga maupun kerabat terdekat kamu. Dengan mengetahui kondisi keluarga tersebut kamu akan lebih siap untuk mencegah dan menjaga kesehatan diri untuk jangka panjang. Jika keluarga kamu ada yang menderita beberapa penyakit serius seperti kanker, diabetes dan jantung, kamu bisa lakukan pengecekan dini untuk mengetahuinya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang riwayat kesehatan keluargamu dan tindakan apa saja yang perlu kamu lakukan:

1. Jenis Penyakit yang Menurun

Tidak hanya ciri dan bentuk fisik yang diwariskan melalui gen orang tua kepada anak, melainkan beberapa penyakit tertentu yang diderita oleh orang tua bisa juga dialami oleh anak.

Penyakit tersebut adalah penyakit genetic atau kelainan genetik. Penyakit yang kerap kali diturunkan adalah penyakit diabetes, jantung, kanker, asma, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, alzeimer, demensia, depresi, artritis, dan beberapa penyakit lainnya.

2. Anggota Keluarga yang Wajib Diketahui Riwayat Kesehatannya

Untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat untuk kemungkinan kesehatan kamu nantinya adalah dengan mengetahui sebanyak mungkin riwayat kesehatan keluargamu. Namun akan susah untuk mengetahui semua riwayat kesehatan keluarga.

Jadi fokus utama adalah anggota keluarga yang paling dekat hubungan darahnya, seperti orang tua, kakek nenek, saudara, dan anak.

3. Informasikan Riwayat Kesehatan Keluarga Ketika Berkunjung ke Dokter

Langkah pertama untuk mencegah menderita penyakit yang sama adalah, lakukan pengecekan dini dengan menyampaikan riwayat kesehatan yang dialami oleh keluarga. Dokter yang telah diberikan informasi singkat mengenai riwayat kesehatan keluarga akan membantu dokter untuk membuat rujukan beberapa tes skrining.

Tes skrining yang dilakukan juga akan merujuk pada beberapa penyakit yang telah diderita oleh anggota keluarga. Selain itu juga kamu akan mendapatkan beberapa masukan dari dokter mengenai langkah-langkah pencegahan.

4. Memanfaatkan Riwayat Kesehatan Keluarga dengan Mengubah Pola Hidup

Jika riwayat kesehatan keluarga kamu tidak baik-baik saja, seperti diantaranya ada yang mengidap diabetes, kamu bisa memulai mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat berlebih.

Kamu juga bisa menjadwalkan kegiatan berolahraga yang lebih rutin, dan mengubah kebiasan yang tidak sehat menjadi lebih sehat.

5. Daftarkan Diri Pada Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan akan sangat membantu kamu jika mengidap penyakit tertentu, apalagi hingga mengidap penyakit kritis. Daftarkan diri kamu segera sebelum terkena penyakit menurun dari keluarga, karena jika sudah menderita penyakit tersebut, maka proses untuk mendapatkan asuransi jadi tidak mudah. Jadi semakin cepat lebih baik dengan bonus premi yang kamu bayarkan juga akan lebih murah.

Nah, dengan mengetahui riwayat kesehatan keluarga akan sangat membantu kamu untuk menjaga diri kamu, sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit yang sama. Karena sehat itu mahal, maka mencegah akan jauh lebih baik.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan