AnalisaKata
Beranda Pendidikan 5 Cara Mengajarkan Anak Menghargai Sesama

5 Cara Mengajarkan Anak Menghargai Sesama

sumber: Freepik

Sebagai orang tua, penting untuk tahu cara mengajarkan anak menghargai sesama. Pasalnya, anak kelak akan terjun dalam masyarakat yang heterogen, sehingga perlu belajar saling toleransi. Lalu, sikap menghargai ini tidak hanya bisa anak dapatkan di rumah, melainkan juga di sekolah, seperti International School in Denpasar.

Sekolah Highscope Indonesia-Denpasar memiliki sistem pendidikan yang mementingkan akademik dan karakter siswa. Maka dari itu, nilai-nilai karakter seperti hormat, tanggung jawab, hingga menghargai akan diperoleh siswa selama sekolah di sini.

5 Kiat Cara Mengajarkan Anak Menghargai Sesama

Tugas orang tua sebagai “sekolah” pertama bagi anaknya adalah mengajarkan pendidikan karakter untuk membentuk individu yang sopan, empati, dan peduli dengan lingkungan sekitar.

Nilai menghargai ini akan membantu anak untuk bersosialisasi secara positif kepada orang lain. Berikut kiat yang bisa Anda terapkan!

1. Menjelaskan Konsep Menghargai

Supaya anak tahu apa itu arti menghargai, sebaiknya Anda menjelaskannya terlebih dahulu. Beri contoh tindakan yang menunjukkan sikap menghargai, seperti mendengarkan pendapat orang lain, tidak menyela pembicaraan, dan menghormati segala perbedaan yang ada.

2. Menjadi Teladan yang Baik

Cara mengajarkan anak menghargai sesama berikutnya adalah dengan menjadi teladan yang baik. Ajarkan anak untuk terbiasa mengucapkan tolong, maaf, dan terima kasih. Tiga kata sakti tersebut bisa membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang sopan dan hormat kepada orang lain.

Sebagai orang tua, Anda harus menunjukkan sikap yang serupa, karena anak lebih cepat mencontoh orang tuanya.

3. Memberikan Pujian dan Penghargaan

Tidak ada salahnya mengapresiasi anak setelah mereka menerapkan apa yang diajarkan dengan baik. Anda bisa memberikannya pujian atau penghargaan secara sederhana. Misalnya, dengan memeluk atau mengucapkan terima kasih saat anak menunjukkan sikap menghargai orang lain.

4. Mengenalkan Perbedaan-Perbedaan

Anak yang tidak pernah diajarkan tentang perbedaan, tentu akan menganggap perbedaan tersebut sebagai sesuatu yang salah. Oleh sebab itu, sejak dini, Anda sudah harus mengenalkan perbedaan-perbedaan yang ada, baik itu budaya, sosial, suku, agama, dan lain sebagainya.

Selain mengajarkan mereka tentang perbedaan, tegaskan bahwa di antara semuanya itu memiliki persamaan. Persamaannya yakni setiap orang memiliki hak untuk dihargai.

5. Bacakan Cerita Moral

Cara mengajarkan anak menghargai sesama yang efektif adalah melalui cerita moral. Anda bisa membeli buku cerita seperti dongeng, sebagai media belajar anak untuk memahami konsep menghargai. Melalui kisah-kisah dongeng yang inspiratif, anak akan mendapatkan pemahaman tentang nilai karakter dengan cara interaktif.

Sudah Tahu Cara Mengajarkan Anak Menghargai Sesama?

Jadi, itulah beberapa cara mengajarkan anak menghargai sesama yang bisa Anda coba lakukan ketika di rumah. Sementara itu, supaya nilai karakter anak semakin menguat, Anda perlu memilih lembaga sekolah seperti International School in Denpasar.

Sekolah tersebut tidak hanya mementingkan pelajaran akademik saja, melainkan juga mengajarkan nilai-nilai karakter yang baik untuk anak. Selain itu, HighScope Indonesia juga berupaya menyiapkan anak didik menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

 

Referensi:

https://unifam.com/blog/cara-mengajarkan-anak-menghargai-orang-lain

https://www.orami.co.id/magazine/mama-begini-cara-mengajarkan-anak-menghargai-sesama

https://konseling.bpkpenaburjakarta.or.id/2013/11/06/bagaimana-mengajarkan-anak-menghargai-sesama/

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan