AnalisaKata
Beranda Kesehatan 6 Olahraga untuk Lansia yang Menyehatkan dan Tanpa Risiko Cedera

6 Olahraga untuk Lansia yang Menyehatkan dan Tanpa Risiko Cedera

Asuransi jiwa keluarga adalah produk yang dapat memberikan perlindungan untuk Anda dan orang terkasih, seperti orang tua. Asuransi jiwa keluarga ini juga dapat menjamin masa depan keuangan keluarga. Namun, agar perlindungan terhadap orang tua Anda semakin maksimal, tentu harus dibarengi dengan melakukan olahraga agar kesehatannya tetap terjaga.

Berikut ini adalah beberapa olahraga yang sangat cocok ditekuni oleh orang tua yang sudah memasuki usia lanjut berdasarkan situs Anlene, situs Alodokter, situs Klikdokter, situs Halodoc, dan situs media CNN Indonesia, di antaranya:

1. Bersepeda

Bersepeda sangat direkomendasikan untuk orang tua yang sudah lansia karena minim risiko cedera dan tidak banyak membebani lutut dan sendi. Dengan bersepeda, maka dapat membantu memperkuat paru-paru dan jantung. Bahkan, jika melakukannya secara rutin, kinerja sistem kardiovaskular akan lebih terjaga dan dapat mengurangi ketegangan di bagian persendian.

2. Pilates

Pilates adalah bentuk latihan fisik yang biasanya dilakukan oleh remaja. Namun, saat ini, ada beberapa kelas pilates yang menyediakan latihan untuk para lansia. Olahraga satu ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, body balance, dan menambah stamina tubuh. Meski bermanfaat, tapi olahraga ini tidak bisa dilakukan oleh seluruh lansia. Untuk itu, sebelum melakukannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

3. Berenang

Berenang adalah olahraga yang aman untuk siapa saja, terutama untuk lansia ataupun wanita yang sedang hamil. Melakukan olahraga ini dapat membantu menyehatkan tubuh dan tidak memiliki risiko cedera untuk lutut dan sendi. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membangun daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan memperkuat jantung.

4. Yoga

Yoga merupakan latihan peregangan yang lebih sistematis. Olahraga ini dapat membantu pembentukan otot. Meski fokus dari yoga adalah melatih otot, tetapi tidak akan terlalu berdampak buruk bagi persendian lansia. Oleh sebab itu, olahraga ini bagus untuk orang-orang yang mengalami masalah dengan persendian atau tulangnya.

5. Stretching

Stretching atau peregangan sangat bermanfaat untuk menjaga otot tubuh tetap kuat, lentur, dan sehat. Olahraga satu ini umumnya sering dijadikan gerakan untuk pendinginan dan pemanasan setelah berolahraga. Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan olahraga satu ini dan agar hasilnya maksimal bisa melakukannya 2 kali seminggu.

6. Senam

Senam biasanya menggunakan seluruh anggota tubuh, mulai dari leher hingga kaki. Tentu saja, olahraga satu ini bisa dilakukan oleh lansia. Beberapa jenis senam yang direkomendasikan yaitu aerobic dan salsa. Hal ini karena keduanya sangat aman dilakukan dan tidak akan memberatkan. Dengan melakukannya, maka dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang, menjaga massa otot, meminimalisir penyakit jantung, diabetes, hingga hipertensi

Demikian beberapa olahraga yang bisa dicoba para lansia. Tenang, olahraganya minim risiko cedera sehingga aman dilakukan.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan