AnalisaKata
Beranda Kesehatan 4 Manfaat Psikotes yang Perlu Kamu Ketahui

4 Manfaat Psikotes yang Perlu Kamu Ketahui

Psikotes adalah tes yang sangat familiar di kalangan jobseeker. Tes ini selalu ada di setiap proses rekrutmen karyawan baru. Di masa pandemi seperti ini, banyak proses rekrutmen yang dilakukan secara online, tak terkecuali psikotes ini.

Apakah kamu salah satu pelamar yang pernah mengikuti psikotes online? Tahukah kamu apa manfaat diadakannya psikotes ini? Jika kamu belum tahu dan kepo mengenai hal ini, baca artikel ini sampai habis, ya!

Tolak ukur kecerdasan

Manfaat tes ini, salah satunya adalah untuk memastikan bahwa seorang calon karyawan memiliki kecerdasan intelektual dan emosi yang seimbang. Dengan kecerdasan intelektual yang tinggi, seseorang mmapu bekerja dengan dan mampu menyelesaikan masalah.

Sedangkan kcerdesan emosi menunjukkan seorang calon karyawan baru mampu bernegoisasi, mengambil kuputusan dan berdiplomasi. Dengan tes ini, rekruter akan mendapatkan gambaran mengenai peforma calon pekerjanya nanti.

Mengenali perilaku dan kepribadian

Tes ini akan membantu memperlihatkan kepribadian dan perilaku calon karyawan. Meskipun tidak ada standar yang objektif untuk mengukur kepribadian ini, namun tes ini cukup membantu menggambarkan karakter seseorang. Psikotes akan lebih dalam menilai karakter seseorang

Mengetahui kejiwaan

Manfaat psikotes yang lain adalah membantu para rekruter untuk mengetahui kejiawaan pelamarnya. Tes ini bia dijadikan alat untuk mengevaluasi kondisi kejiwaan seseorang. Hal ini dilakukan karena ada beberapa sifat kejiwaan yang harus dihindari oleh perusahaan.

Memprediksi performa seorang kandidat

Tes ini membantu menggambarkan peforma atau kinerja dari seorang calon pekerja baru ketika melakukan jobdesk pekerjaannya nanti. Psikotes ini dapat menggambarkan cara seseorang dalam menghadapi tekanan dan masalah saat bekerja.

Apakah pelamar tersebut tetap mampu bekerja secara optimal meskipun dalam kondisi yang penuh tekanan tersebut. Dengan tes ini, rekruter bisa memperkirakan produktivitas dan kinerja calon karyawan.

Nah, di atas adalah manfaat dari psikotes untuk calon karyawan baru. Jika kamu tertarik mengadakan psikotes online, kamu bisa menghubungi Nirmala Satya Development sebagai penyedia jasa aplikasi psikotes online yang profesional.

Kamu bisa mendesain tes sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan dilengkapi fitur yang keren. Kamu bisa mengadakan tes tanpa membatasi peserta yang bisa bergabung. Dengan tool valid dan reliable, soal yang dibuatpun akan memenuhi standar yang berlaku. Tunggu apa lagi? Ayo segera kunjungi nsd.co.id. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan