AnalisaKata
Beranda Kesehatan Bunda Perlu Tahu, Ternyata Begini Posisi Tidur Bayi yang Tepat

Bunda Perlu Tahu, Ternyata Begini Posisi Tidur Bayi yang Tepat

Tidak hanya memperhatikan kualitas tidur si Kecil, cara menidurkan bayi yang baik juga perlu memahami posisi tidur yang benar untuk menghindari masalah maupun risiko ketika bayi tertidur.

Jangan sampai karena Bunda ingin bayi tertelap dengan aman dan nyaman, justru membuat dalam keadaan yang berbahaya. Oleh sebab itu, Bunda perlu tahu posisi tidur bayi yang tepat berikut ini.

Posisi Tidur dengan Risiko SIDS

SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) merukapan sindrom kematian bayi mendadak. SIDS sendiri bisa terjadi karena Bunda menempatkan bayi yang tidur di dekat banyak barang seperti mainan, bantal, sleep positioner, atau selimut sehingga meningkatkan risiko kematian lemas secara tidak sengaja.

Terdapat beberapa laporan yang menyatakan bahwa ada bayi yang keluar dari sleep positioner dan berguling hingga akhirnya meninggal lemas karena kekurangan oksigen.

Posisi Tidur yang Berbahaya Bagi Bayi

Salah satu posisi yang berbahaya bagi bayi adalah ketika bayi tidur menyamping atau tengkurap. Ketika usia awal, otot leher bayi memang masih lemah sehingga bayi belum mampu menahan kepalanya, terutama ketika posisi tengkurap.

Hal inilah yang perlu Bunda khawatirkan karena si Kecil akan kesulitan bernapas saat tidur. Tidak hanya itu, posisi tengkurap menyamping akan membuat bayi tidur lebih lama, tidak mampu merespon suara, sulit bergerak, dan sulit terbangun.

Posisi Tidur Terbaik Bagi Bayi

Rosary, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah mengungkapkan bahwa posisi tidur bayi yang benar adalah bayi dalam keadaan telentang, baik ketika tidur siang atau malam. Posisi tersebut memang yang paling aman untuk bayi.

American Academy of Pediatrics (AAP) juga menyarankan Bunda memposisikan bayi telentang sebagai cara terbaik untuk mengurangi risiko mengalami SIDS pada bayi hingga berumur satu tahun.

Selain berguna untuk menghindari SIDS, posisi telentang tidak membahayakan bayi karena bayi dapat bernapas dengan bebas tanpa merasa pengap ketika terlelap.

Itulah posisi terbaik untuk bayi ketika tidur yang perlu Bunda perhatikan. Untuk kenyamanan si Kecil, Bunda bisa memakaikan popok terbaik dari Merries.

Popok Merries Premium Tape New dengan tiga lapisan bersirkulasi udara mampu melepaskan kelembapan udara sehingga kulit bayi menjadi tetap bebas bernapas. Popok ini juga menggunakan teknologi permukaan bergelombang untuk menyerap pup lunak dan mengunci pipis dengan lebih maksimal.

Yuk, intip berbagai cara menidurkan bayi lainnya dengan mengakses merries.co.id. Tidur lelap dan bebas bocor bersama popok Merries. Semoga membantu.

List Blog Keren Rajabacklink

Bagikan:

Iklan